Selasa, 21 Oktober 2008

Jalan-jalan ke Tangkuban Perahu (lagi), serta Goa Jepang







Jalan-jalan ke Tangkuban Perahu (lagi), serta ke Goa Jepang
Tidak bosan-bosannya kami berkunjung ke Tangkuban Perahu di perbatsan Kabupaten Bandung Barat dan kabupaten Subang, Jawa Barat. Pesona kawah gunung itu seakan selalu mengundang untuk datang dan datang lagi, seperti saat “ngabuburit” bulan Ramadhan lalu.

Kala itu kami pun mengunjungi satu tempat wisata yang seperti terlupakan oleh mereka yang kerap berkunjung ke Bandung yakni Taman Nasional Ir H Juanda, di utara Dago. Tempat ini, bagi kami selama ini seperti tertutup oleh ingar-bingar FO, bistro, dan lain-lain di Bandung.

Sebelum ngabuburit ke Tangkuban Perahu, kami sempat mengunjungi TN Juanda. Di tempat ini, selain terpampag keindahan deretan pohon pinus, kami juga sempat memasuki Goa Jepang. Goa buatan ini, konon dulu tempat para tentara Jepang bersembunyi, termasuk menyebunyikan barang rampasan mereka dari negeri tercinta ini.

Satu goa lagi yang jaraknya sekitar 500 meter dari Goa Jepang, belum sempat kami kunjungi. Lain kali, kami pasti melihat-lihat Goa Belanda saat berkunjung ke Bandung lagi. (agus mulyadi)

Tidak ada komentar: